loading...

Tutoiral Lengkap Cara Mendesain Tampilan Aplikasi Tizen Lebih Mudah Menggunakan Tizen UI Builder

Pada tutorial Membuat Aplikasi Mobile Native Pertama di Tizen OS kita telah mempelajari bagaimana membuat aplikasi native sederhana pada Tizen. Sebenarnya kita dapat membuat tampilan lebih mudah dengan bantuan tools tambahan yang sudah disediakan di dalam Tizen SDK, yakni UI Builder. Seperti sudah dibahas pada tutorial yang disebut di atas, bahwa Tizen menggunakan library EFL atau Enlightenment Foundation Library yang menyediakan API yang sangat lengkap untuk membangun antarmuka aplikasi. Kita tidak mesti sulit-sulit membuat dari nol widget seperti dropdown, list, date picker, color picker, hingga calendar dan maps. Kita dapat langsung menggunakan API yang tersedia dan semua kebutuhan tampilan dan event handler sudah siap pakai.

Pada tutorial ini kita akan lihat bagaimana membangun aplikasi Tizen lebih mudah lagi dengan memanfaatkan UI Builder. UI Builder atau Tizen native UI Builder adalah adalah alat untuk menyusun antarmuka grafis yang memudahkan pengembang dalam membangun UI aplikasi native Tizen dengan cara menyusun komponen UI menggunakan editor drag-and-drop WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Tutoiral Lengkap Cara Mendesain Tampilan Aplikasi Tizen Lebih Mudah Menggunakan Tizen UI Builder

Untuk melihat bagaimana kecanggihan UI Builder Tizen, mari kita coba dengan membuat aplikasi baru. Jalankan aplikasi Tizen IDE, dan pilih menu File > New > Tizen Native Project. Pada jendela New Tizen Native Project, pilih tab Template. Kamu akan menemukan tipe UI Builder – Navigation dan UI Builder – Single View. Kamu dapat mencoba tipe UI Builder - Navigation untuk dapat mencoba langsung contoh aplikasi yang sudah siap dengan beberapa halaman view. Isi kolom Project name dan Package name, lalu klik tombol Finish.

Tutoiral Lengkap Cara Mendesain Tampilan Aplikasi Tizen Lebih Mudah Menggunakan Tizen UI Builder

0 Response to "Tutoiral Lengkap Cara Mendesain Tampilan Aplikasi Tizen Lebih Mudah Menggunakan Tizen UI Builder "

Post a Comment

Kunjungi Fasnpage Kami